Sabtu, 09 Januari 2010

Bangsa Maya 300 sm- 800 sm

Bangsa ini hidup didaerah yang kuni merupakan meksiko selatan dan guatemala. Bangsa ini mencapai masa keemasan saat kekaisaran romawi. Bangsa maya telah ada sejak 2000 SM. Mereka menjadi petani yang sukses pada 300SM, mereka membangun banyak kota di guatemala, belize, dan yukatan, dikota mereka terdapat piramida kuil dan istana berbenteng, dan sebagainya.* Sistem kelasBangsa maya memiliki sistem kelas sosial, yaitu para bangsawan, pendeta, penguasa, pejabat, pelayan di kota. Bangsa ini mengenal ilmu matematika, astronomi, dan sistem kalender yang sudah maju sekitar 230 GM. Gunung ilopango meletus dan menutup sejumlah besar kawasan dengan abu. Peristiwa ini menandai berakhirnya masa ‘praklasik’ peradaban mayaOrang maya merupakan pengrajin terampil dalam memahat batu, menghias gerabah, melukis, serta membuat alat-alat dari emas.

* Pengorbanan manusiaOrang maya mempraktikan pengorbanan darah. Mereka melihat kehidupan di dunia dan alam baka sebagai dunia yang sama. Maka mereka mengorbankan nyawa manusia untuk tujuan keagamaan, yaitu menyenangkan para dewa serta membawa kesubnuran dan kemakmuran. Para petani harus menyediakan lebih banyak makanan dan tenaga sedangkan perang dilakukan agar mendapat tawanan untuk dikorbankan. Akibatnya populasi penduduk merosot dan sistem pertanian terpuruk. Lalu orang-orang maya kini gidup di daratan tinggi amerika tengah.


SEKILAS INFO :* Kota terbesar suku maya adalah El- mirador yang dibangun pada 150 SM kota ini berpenduduk 80.000 jiwa pada 100 M . lota ini dibangun dengan cermat, didalamnya terdapat bangayk kuil suci. * Hieroglif (tulisan gambar) bangsa maya ditemukan terpahat pada monumen batu besar, serta ditulis dari buku yang terbuat dari daun lontar.
* Bangsa maya melakukan permainan bola yang berarti religius samacam ramalan. Dilapangan luas mereka melambungkan bola karet dengan menggunakan paha, pinggul, siku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar